Selasa, 20 Maret 2012

BEKAM PENGOBATAN YANG UTAMA

Bekam (cupping/al-hijamah), perkataan “al-Hijam” berasal dari bahasa arab yang berarti “pelepasan darah kotor” atau dalam bahasa inggris disebut “cupping” dan bahasa melayu dikenal dengan “bekam”. Bekam merupakan teknik pengobatan yang disunahkan oleh Rasulullah SAW, kini dimodernkan dengan kaidah ilmiah yang bertujuan untuk mengeluarkan toksid dalam tubuh melalui permukaaan kulit. Bekam merupakan cara detoksifikasi (pengeluaran racun) yang cepat, aman dan tidak ada efek samping. Apabila badan anda terasa kaku, mudah letih, lesu, pegal-pegal, pusing, sakit kepala, sakit pada persendian, mata berkunang-kunang, serta berbagai keluhan penyakit lainnya, semua itu disebabkan karena adanya penumpukan toksid (racun tubuh) dan darah kotor serta darah beku (statis darah) dalam tubuh. Maka bekam merupakan pengobatan alternatif dan mujarab untuk mengatasi semua kondisi itu.
Inti dari terapi ini sebenarnya mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Karena darah adalah sumber kehidupan manusia, maka jika ia rusak atau tercemar, maka energi dan daya tahannya akan menurun.
Metode ini telah direkomendasikan oleh Rasulullah SAW, sesuai sabda beliau SAW: “Sebaik-baik terapi yang kalian lakukan adalah bekam”. Terapi jenis ini telah lama dikenal di Indonesia dan diakui mampu mengatasi berbagai penyakit, antara lain: darah tinggi, kolestrol, asam urat, jantung, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, sakit kepala, impotensi, stress, dll. Juga memiliki manfaat lain, yaitu; detoksifikasi, memperbaiki imunitas tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, dll.
Dalam Training Herbalis Sehari kita akan mempelajari standar operasional prosedur bekam dan penentuan titik-titik bekam.
Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal; dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhori).
Madu menjadi dasar dari obat-obatan herba, bekam menjadi dasar kepada pembedahan, sedangkan besi panas (api) menjadi dasar kepada pengobatan melalui laser.
Hadist yang diriwayatkan oleh Tarmidzi menyatakan, bahwa Rasul SAW mengarahkan pengikut-pengikutnya menggunakan bekam sebagai kaedah pengobatan penyakit. Beliau memuji orang yang berbekam, “Dia membuang darah yang kotor, meringankan tubuh serta menajamkan penglihatan.”
Dalam kaitan untuk membersihkan diri ini, Allah mengkhususkan satu bulan dalam satu tahun untuk berpuasa (di bulan Ramadhan) sebagai salah satu jalan untuk menyucikan rohani. Dan berbekam merupakan salah satu cara untuk menyucikan atau membersihkan jasmani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar